23 Januari 2022
+62 811-432-828

Kurikulum

A. Profil Lulusan Capaian Pembelajaran Lulusan

No

Profil Lulusan

Deskripsi Profil lulusan

1

Pendidik Bidang Fisika

Sarjana Pendidikan fisika yang mampu bertindak sebagai pendidik/guru fisika tingkat SMA atau yang sederajat yang menguasai ilmu dan konsep fisika serta konsep kependidikan meliputi perencanaan, pelaksanaan danevaluasi guna mendukung pembelajaran fisika di sekolah

2

Peneliti Bidang Pendidikan fisika

Sarjana Pendidikan fisika yang mampu melakukan penelitian pendidian fisika dalam betuk pengkajian dan evaluasi pembelajaran fisika dengan pendekatan kuantitatif atau kualitatif untuk memecahkan masalah pembelajaran fisika dan mengomunikasikannya atau melaporkan dalam bentuk artikel ilmiah  secara tertulis dan lisan untuk mendukung pengembangan profesi

3

Pengelola Laboratorium dan Lembaga pendidikan

Sarjana Pendidikan fisika yang mampu mengelola sumber daya dan aktivitas penyelenggaraan laboratorium fisika dan Lembaga Pendidikan secara komprehensif

 

B. Capaian Pembelajaran Lulusan

Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Program studi Pendidikan Fisika mencakup empat ranah, yaitu :

1.   Sikap

1.    Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;

2.    Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika;

3.    Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;

4.    Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;

5.    Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;

6.    Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;

7.    Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;

8.    Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;

9.    Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;

10.  Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan;

11.  Menginternalisasi nilai-nilai keunggulan, jujur, kompetitif, dan kepemiminan dalam berbagai aktivitas.

2.   Keterampilan Umum

1.    Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;

2.    Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;

3.    Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni;

4.    Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;

5.    Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;

6.    Mampu memelihara dan mengembang-kan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;

7.    Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;

8.    Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; dan

9.    Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

3.   Keterampilan Khusus

1.    Mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran fisika berbasis aktifitas belajar untuk mengembangkan kemampuan berfikir sesuai dengan karakteristik materi fisika, dan sikap ilmiah sesuai dengan karakteristik siswa pada pembelajaran kurikuler, kokurikuler dan ekstrakurikuler dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar berbasis ilmu pengetahuan, teknologi yang kontekstual dan lingkungan sekitar;

2.    Mampu mengkaij dan menerapkan berbagai metode pembelajaran inovatif yang telah teruji;

3.    Mampu membimbing dan mengarahkan siswa dengan cara member pijakan, Tanya jawab, memberikan alternative solusi, dan umpan balik untuk mencapai kompetensi yang diharapkan;

4.    Mampu melakukan penelitian pendidikan fisika dalam bentuk pengkajian dan evaluasi pembelajaran fisika dengan pendekatan kuantitatif dan/atau kualitatif untuk memecahkan permasalahan pembelajaran fisika dan mengkomunikasikannya atau melaporkan dalam bentuk artikel ilmiah secara tertulis dan lisan untuk mendukung pengembangan profesi.

5.    Mampu mengelola sumber daya dan aktivitas yang mencakup penyelenggaraan kelas, laboratorium fisika dan lembaga pendidikan secara komprehensif.;

6.    Mampu mengambil keputusan strategis berdasarkan kajian terhadap masalah mutu, relevansi dan akses di bidang pendidikan dalam penyelenggaraan kelas, laboratorium fisika dan lembaga pendidikan yang menjadi tanggungjawabnya.

4.   Pengetahuan

1.    Menguasai konsep dasar kependidikan yang mencakup perkembangan peserta didik, teori-teori belajar, hakikat sains dan pola pikir Ilmiah;

2.    Menguasai metode pembelajaran inovatif yang berorientasi kecakapan personal, social dan akademik (life skill) pada pembelajaran fisika;

3.    Menguasai standar kompetensi lulusan, standar isi, standar proses dan standar penilaian untuk pendidikan fisika di sekolah menengah;

4.    Menguasai prinsip-prinsip penilaian dalam pembelajaran fisika untuk menganalisis kesulitan dan keberhasilan belajar siswa (melalui diagnosis, formatif, dan sumatif) serta memanfaatkan hasilnya untuk merancang pembelajaran Fisika sesuai karakteristik siswa;

5.    Menguasai prinsip-prinsip pengembangan media pembelajaran fisika berbasis ilmu pengetahuan, teknologi yang kontekstual, khususnya TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi), dan lingkungan sekitar;

6.    Menguasai metode penelitian pendidikan fisika;

7.    Menguasai pengelolaan sumber daya pada penyelenggaraan kelas, laboratorium fisika dan lembaga pendidikan;

8.    Menguasai matematika, komputasi, dan instrumentasi untuk mendukung pemahaman konsep fisika;

9.    Menguasai konsep fisika, pola piker keilmuan fisika berdasarkan fenomena alam yang mendukung pembelajaran fisika di sekolah;

10.  Menguasai konsep fisika berdasarkan fenomena alam yang mendukung pendidikan lanjut ke jenjang magister.

11.  Mampu menggunakan bahasa Inggris secara efektif.

 C. Sebaran Mata Kuliah

 

Mata Kuliah Reguler

SEMESTER 1

NO.

KODE MATAKULIAH

MATA KULIAH

SKS

1

3312101

PANCASILA

2

2

3312102

PENDIDIKAN AGAMA

2

3

3312103

BAHASA INGGRIS

2

4

3334101

FISIKA DASAR 1

4

5

3333102

MATEMATIKA DASAR 1

3

6

3332103

KIMIA DASAR

2

7

3332104

PKLH

2

8

3331105

IPBA

1

9

3332106

BIOLOGI UMUM

2

 

 

JUMLAH SKS

20

SEMESTER II

NO.

 

MATA KULIAH

SKS

1

3312204

Pendidikan Kewarganegaraan

2

2

3312205

BAHASA INDONESIA

2

3

3322201

PENGANTAR PENDIDIKAN

2

4

3322202

PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK

2

5

3322203

PSIKOLOGY BELAJAR

2

6

3333207

MATEMATIKA DASAR II

3

7

3334208

FISIKA DASAR II

4

8

3332209

KAJIAN FISIKA SEKOLAH 1

2

 

 

JUMLAH SKS

19

SEMESTER III

NO.

 

MATA KULIAH

SKS

1

3322204

MANAJEMEN PENDIDIKAN

3

2

3332209

PROFESI KEGURUAN MIPA

2

3

3333310

FISIKA MATEMATIKA I

3

4

3333311

ELEKTRONIKA DASAR 1

3

5

3333312

MEKANIKA

3

6

3333313

ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN KOMPUTER

2

7

3333314

STATISTIKA DASAR

3

8

3332315

ALAT UKUR

2

 

 

JUMLAH SKS

21

SEMESTER IV

NO.

 

MATA KULIAH

SKS

1

3322205

PENGEMBANGAN KURIKULUM

3

2

3333415

STRATEGI PEMBELAJARAN FISIKA

3

3

3332416

PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS ICT

2

4

3312406

KEWIRAUSAHAAN

2

5

3332416

METODOLOGI PENELITIAN

2

6

3333417

TERMODINAMIKA

3

7

3332418

FISIKA LINGKUNGAN

2

8

3333419

FISIKA MATEMATIKA II

3

 

 

JUMLAH SKS

20

SEMESTER V

NO.

 

MATA KULIAH

SKS

1

3333519

EVALUASI BELAJAR MENGAJAR FISIKA

3

2

3333520

PERENCANAAN PEMBELAJARAN FISIKA

3

4

3333521

LISTRIK MAGNET

3

5

3334522

FISIKA MODERN

4

6

3333523

GELOMBANG

3

7

3332524

LAB FISIKA 1

2

3

3342501

MK PILIHAN

2

 

 

JUMLAH SKS

18

SEMESTER VI

NO.

 

MATA KULIAH

SKS

1

3312607

ENGLISH FOR PHYSICS

2

2

3332625

PEMBELAJARAN MICRO

2

3

3332626

PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS LINGKUNGAN

2

4

3332627

FILSAFAT IPA

2

5

3332628

KAJIAN FISIKA SEKOLAH 2

2

6

3333629

FISIKA KUANTUM

3

7

3332630

FISIKA STATISTIK

3

8

3332631

LAB. FIS 2

2

9

3342502

MK.PILIHAN

2

 

 

JUMLAH SKS

20

SEMESTER VII

NO.

 

MATA KULIAH

SKS

1

3332731

PEMBELAJARAN BERBASIS PRAKTIKUM

2

2

3334732

PLP

4

3

3332733

PENDAHULUAN ZAT PADAT

3

4

3332734

PEMANTAPAN KOMPETENSI BIDANG STUDI

2

5

3332735

SEMINAR PENDIDIKAN FISIKA

2

6

3332736

PENGANTAR FISIKA KOMPUTASI

2

7

3332737

PENDAHULUAN FISIKA INTI

3

8

3332738

MK PILIHAN

2

 

 

JUMLAH SKS

20

SEMESTER VIII

NO.

 

MATA KULIAH

SKS

 

3334837

KKN

4

 

3336838

SKRIPSI

6

 

 

JUMLAH SKS

10

 

 

 

 

 

 

TOTAL SKS

148

NO.

 

MATA KULIAH PILIHAN

SKS

1

3342502

PEMB.TEMATIK DAN DEMOKRATISASI

2

2

3342503

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA

2

3

3342504

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FISIKA

2

4

3342605

PERANCANGAN DAN PEMBUATAN PERALATAN ALAT LAB.

2

5

3342506

PENGELOLAAN SUMBER DAYA ALAM DAN LINGKUNGAN

2

6

3342607

FISIKA INTI.    

2

7

3342608

FISIKA ZAT PADAT

2

8

3342709

Pendahuluan Fisika Inti

2

9

3342710

MEKANIKA LANJUT

2

10

3342711

PENGANTAR FISIKA MATERIAL

 

 

D. Kriterian Penilaian

Sistem evaluasi perkuliahan berorientasi pada penguasaan kompetensi, mencakup proses dan hasil belajar. Alat penilaian meliputi penilaian kinerja, peer review, external review, portofolio, dan classroom obervation. Pada akhir perkuliahan, sebagai bagian dari kegiatan evaluasi, mahasiswa mendapatkan nilai/hasil belajar yang akan diberikan berdasarkan nilai ujian tengah semester (UTS), ujian akhir semester (UAS), tugas terstruktur, tugas mandiri  dari dosen, dan nilai praktik untuck mata kuliah yang berpraktek.

Nilai Angka

Nilai Mutu

Nilai Huruf

91 – 100

3,75 – 4,00

A

81 – 90

3,50 – 3,74

A-

71 – 80

3,25 – 3,49

B+

61 – 70

3,00 – 3,24

B

51 – 60

2,75 – 2,99

B-

41 – 50

2,50 – 2,74

C+

31 – 40

2,00 –2,99

C

21 – 30

1,00 – 1,99

D

0 – 20

0,00 – 0,99

E

 

 

MK.    Merdeka Belajar Kampus Merdeka ( MBKM)

 

SEMESTER 1

NO.

KODE MATAKULIAH

MATA KULIAH

SKS

1

3312101

PANCASILA

2

2

3312102

PENDIDIKAN AGAMA

2

3

3312103

BAHASA INGGRIS

2

4

3334101

FISIKA DASAR 1dan praktikum

4

5

3333102

MATEMATIKA DASAR 1

3

6

3332103

KIMIA DASAR

2

7

3332104

PKLH

2

8

3331105

IPBA

1

9

3332106

BIOLOGI UMUM

2

 

 

JUMLAH SKS

20

SEMESTER II

NO.

 

MATA KULIAH

SKS

1

3312204

Pendidikan Kewarganegaraan

2

2

3312205

BAHASA INDONESIA

2

3

3322201

PENGANTAR PENDIDIKAN

2

4

3322202

PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK

2

5

3322203

PSIKOLOGY BELAJAR

2

6

3333207

MATEMATIKA DASAR II

3

7

3334208

FISIKA DASAR II dan praktikum

4

8

3332209

KAJIAN FISIKA SEKOLAH 1

2

 

 

JUMLAH SKS

19

SEMESTER III

NO.

 

MATA KULIAH

SKS

1

3322204

MANAJEMEN PENDIDIKAN

3

2

3332209

PROFESI KEGURUAN MIPA

2

3

3333310

FISIKA MATEMATIKA I

3

4

3333311

ELEKTRONIKA DASAR 1

3

5

3333312

MEKANIKA

3

6

3333313

Teknology, informasi dan komunikasi

2

7

3333314

STATISTIKA DASAR

3

8

3332315

ALAT UKUR

2

 

 

JUMLAH SKS

21

SEMESTER IV

NO.

 

MATA KULIAH

SKS

1

3322205

PENGEMBANGAN KURIKULUM

3

2

3333415

STRATEGI PEMBELAJARAN FISIKA

3

3

3332416

PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS ICT

2

4

3312406

KEWIRAUSAHAAN

2

5

3332416

METODOLOGI PENELITIAN

2

6

3333417

TERMODINAMIKA

3

7

3332418

FISIKA LINGKUNGAN

2

8

3333419

FISIKA MATEMATIKA II

3

 

 

JUMLAH SKS

20

SEMESTER V

NO.

 

MATA KULIAH

SKS

1

3333519

EVALUASI BELAJAR MENGAJAR FISIKA

3

2

3333520

PERENCANAAN PEMBELAJARAN FISIKA

3

4

3333521

LISTRIK MAGNET

3

5

3334522

FISIKA MODERN

4

6

3333523

GELOMBANG

3

7

3332524

LAB FISIKA 1

2

3

3342501

MK PILIHAN

2

 

 

JUMLAH SKS

18

SEMESTER VI

NO.

 

MATA KULIAH

SKS

1

3312607

ENGLISH FOR PHYSICS

2

2

3332625

PEMBELAJARAN MICRO

2

3

3332626

PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS LINGKUNGAN

2

4

3332627

FILSAFAT IPA

2

5

3332628

KAJIAN FISIKA SEKOLAH 2

2

6

3333629

FISIKA KUANTUM

3

7

3332630

FISIKA STATISTIK

3

8

3332631

LAB. FIS 2

2

9

3342502

MK.PILIHAN

2

 

 

JUMLAH SKS

20

 

SEMESTER VI

NO.

 

MATA KULIAH DI LUAR PRODI DI KAMPUS YANG SAMA

SKS

 

 

JUMLAH SKS

20

 

SEMESTER VII

NO.

 

MATA KULIAH DILUAR PRODI , DI PRODI YANG SAMA DI PT YANG BERBEDA

 

 

JUMLAH SKS

20 SKS

 

Semester  VIII

No.

MK Pilihan Sesuai 8 Kegiatan Merdeka

 

 

Jumlah

20 sks

 

DAFTAR MATAKULIAH  YANG DAPAT DI AMBIL MAHASISWA DI LUAR PRODI DALAM PT YANG SAMA SEJUMLAH 20 SKS

No

Kode MK

Nama  MK

Jumlah SKS

1

 

Teori Belajar

2

2

 

Psikology Pendidikan

2

3

 

Bimbingan dan Konseling

2

4

 

Elektronika digital

2

5

 

Pengantar Rekayasa & Desain

2

6

 

Dasar dasar pemrograman

2

7

 

Proyek Perangkat Lunak.

3

8

 

Pemodelan matematika untuk fisika

2

9

 

Marketing Management

2

10

 

Economics of Digital and Information

3

11

 

Game Theory and Applications

2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR MATAKULIAH  YANG DAPAT DI AMBIL MAHASISWA DI PRODI

YANG SAMA DI PT BERBEDA. SEJUMLAH 20 SKS

 

No

Kode MK

Nama  MK

Jumlah SKS

Institusi

1

 

Teknologi dan Rekayasa dalam pendidikan fisika

3

UPI

2

 

E-Learning Fisika

2

UPI/ UNG

3

 

Elektronika Digital/system komunikasi

3

UNG

5

 

Fisika Kuantum

3

UNG

5

 

Aplikasi statistika dalam pendidikan

3

UPI

6

 

Big data dan coding

2

UNJ

7

 

Praktek penysunan proposal kegiatan

2

UNJ

8

 

Teknologi sensor

2

UNJ

9

 

Fisika Nuklir

3

UNY

10

 

Kewirausahaan untuk fisika

2

UNY

11

 

Fotografi

2

UNY

12

 

Sensor dan Instrumentasi Fisika

 

3

UNY

DAFTAR MATAKULIAH PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA UNTUK MEMFASILITASI MAHASISWA PRODI LAIN TERKAIT MBKM

 

No

Kode MK

Nama  MK

Jumlah SKS

Posisi Semester

Kapasitas mahasiswa

1

 

Fisika dan interaksi  dalam pendidikan IPA

2

3

30

 

Matakuliah ini memberikan gambaran terkait dengan beberapa konsep-konsep dasar Fisika yang banyak digunakan dalam pendidikan IPA di sekolah dasar dan sekolah menenga.

2

 

Pengembangan instrumen dan hutir soal

2

3

30

 

Matakuliah ini  menyajikan pengembangan instrumen yang didasarkan pada taksonomi Bloom dan taksonomi lainnya untuk ranah kognitif, afektif dan pasikomotor. Penekanannya pada taksonomi Bloom untuk mengembangkan instrumen soal tes dan non tes dengan segala ragamnya.   Juga  menekankan kepada analisis respons butir terkait pengembangan instrumen tes dan non tes menggunakan beberapa aplikasi baik menggunakan pemrograman R maupun Rasch, bahkan memanfaatkan software lainnya yang sangat erat kaitannya dengan pemanfaatan tools untuk analisis instrumen dari segi validitas dan reliabilitasnya.

 

 

Laboratorium online Fisika

2

3

30

 

Matakuliah e-learning Fisika menekankan kepada pengembangan dan penggunaan lsooftware lab.online yang dapat dijadikan salah satu alternatif dalam pembelajaran khususnya dalam keadaan pandemik korona dan pembelajaran daring pada umumnya.

 

 

 

 

 

 

 

 

TIK DALAM PEMBELAJARAN FISIKA

2

4

30

 

Matakuliah TIK dalam Pembelajaran Fisika lebih menekankan kepada pengembangan media dan multimedia yang bersifat interaktif baik berbasis pemrograman maupun berbasis website sehingga mahasiswa diharapkan dapat mengembangkan simulasi, animasi, dan video yang berguna dalam pembelajaran Fisika di kelas.

 

 

INOVASI BAHAN AJAR FISIKA

2

6

30

 

Matakuliah inovasi bahan ajar fisika terkait dengan pengembangan bahan ajar baik cetak maupun non cetak berbantuan TIK. Matakuliah ini melatihkan keterampiln menyusun bahan ajar berupa buku ajara, lembar kerja, modul dan sejenisnya, sehingga mahasiswa mampu untuk mengembangkan sendiri dan diterapkan dalam dunia pendidikan secara langsung.

 

 

PENDIDIKAN FISIKA UNTUK PENGELOLAAN SUMBER DAYA ALAM DAN LINGKUNGAN

2

6

30

 

Matakuliah Pedidikan Fisika untuk Pembangunan Berkelanjutkan menekankan kepada pengenalan isu-isu terkait SDGs (Sustuinability Development Goals) yang dicanangkan oleh PBB sehingga mahasiswa mampu beradaptasi dalam dunia kerja yang dipenuhi dengan target-target hubungan sosial dan capaian kerja yang terukur.

 

 

PENGELOLAAN LABORATORIUM FISIKA SEKOLAH *)

2

7

30

 

Matakuliah Pengelolaan Laboratorium Fisika Sekolah berkaitan dengan pengambangan dan pengelolaan lab fisika sekolah didasarkan pada capaian KI KD yang dapat menunjang guru Fisika untuk dapat mengelola dan memberdayakan lab fisika menjadi lebih baik.

 

 

 

 

 

 

File RPS dapat di unduh melalui tautan berikut

https://drive.google.com/drive/folders/1FT9gRGlsrsBDpEi1USC4QHLOeBxeQTw2?usp=sharing

Leave a Reply